Penumpang Pesawat Wajib Rapid Tes Antigen

0
rapid-test-bandara-adi-soemarmo
RAPID ANTIGEN : Seorang calon penumpang pesawat menjalani tes rapid antigen di Bandara Adisumarmo, Boyolali. (suaramerdekasolo.com/Joko Murdowo)

BOYOLALI,suaramerdekasolo.com – Upaya mendukung penerbangan sehat dilakukan jajaran Angkasa Pura I yang menanungi Bandara Adi Soemarmo. Dimana setiap penumpang pesawat harus melakukan tes Rapid Tes Antigen.

Sejak dua hari ini, seluruh penumpang dengan tujuan beberapa daerah Zona Merah diharuskan melampirkan surat keterangan Rapid non Reaktif. Di Bandara Adi Soemarmo, petugas siap melayani penumpang yang akan berangkat.

Dengan menggunakan ruangan terbuka di bawah rel kereta api bandara, satu persatu calon penumpang pesawat di rapid antigen oleh petugas medis. Tak perlu waktu lama, bagi petugas medis untuk melakukan tes rapid antigen ini. Hasilnya, bisa diketahui

selang 15-30 menit kemudian.

“Ya, ikuti saja, karena memang syaratnya demikian,” kata Yopi R (52) salah satu calon penumpang asal Kecamatan Ngemplak, Senin (21/12).

Dia mengaku hendak terbang ke Jakarta, Selasa (22/12). Setelah ada pemberitahuan jika hasil rapid tes antigen ini berlaku hingga 3X24 jam, dia pun segera melakukan rapid tes. Rapid sekaligus untuk mengetahui kondisi kesehatan dirinya.

“Biayanya juga masih terjangkau yakni Rp 175 ribu.”

Terpisah, General Manager Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Yani Ajat Hermawan, mengatakan berbagai upaya digencarkan untuk menekan transmisi virus corona Covid-19. Salah satunya adalah para pelaku perjalanan di beberapa daerah diharuskan melakukan rapid tes antigen.

“Ini sudah berjalan sejak dua hari lalu. Sampai saat ini sudah ada 426 calon penumpang yang di rapid tes antigen.”

Diungkapkan, jumlah penumpang di Bandara Adi Soemarmo terus meningkat dibanding awal pandemi Covid-19 lalu. Rata-rata jumlah penumpang per hari mencapai 1.200 orang dengan jumlah penerbangan yang sama dengan sebelumnya.

“Ada 8 kali penerbangan dan 8 kali pendaratan rata-rata perhari.” (Joko Murdowo)

Editor : Budi Samun

Tinggalkan Pesan