UNS Sabet Dua Penghargaan di Anugerah Humas Dikti Kemendikbud

0
Anugerah-Humas-Dikti-uns
DARING: Deputi Humas UNS Dr Deddy Whinata menerima penghargaan dalam Anugerah Humas Dikti (AHD) Kemendikbud Tahun 2020 secara daring. (suaramerdekasolo.com/dok)

SOLO,suaramerdekasolo.com – Prestasi membanggakan berhasil diraih Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Kali ini PTN terbesar di Solo Raya tersebut berhasil menyabet dua penghargaan di ajang Anugerah Humas Dikti (AHD) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun 2020 untuk Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH).

Dua penghargaan tersebut yaitu sebagai Juara 3 untuk kategori Konferensi Pers/Siaran Pers dan juara Harapan 1 untuk kategori Sosial Media (Medsos). Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbud, Prof Ir Nizam secara daring, Rabu (23/12/2020).

Dirjen Dikti Kemendikbud, Prof Ir Nizam mengatakan, AHD ini merupakan event bergengsi antar perguruan tinggi yang digelar rutin tahunan. Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh perguruan tinggi yang telah berpartisipasi dalam AHD tahun 2020 tersebut.
Deputi Humas UNS, Dr Deddy Whinata menambahkan bahwa Humas UNS berkomitmen untuk menyajikan informasi seaktual dan sekomplet mungkin kepada wartawan selama pandemi Covid-19.

“Kami ucapkan terima kasih atas dukungan dan doa dari semua pihak, sehingga UNS mampu meraih penghargaan ini. Dan tentunya terima kasih kami ucapkan kepada rekan -rekan media atas kerja samanya selama ini,” ujar Deddy.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNS, Prof Dr Sajidan mengapresiasi kinerja Tim Humas UNS yang digawangi Dr Deddy Whinata. menurutnya salah satu indikator kinerja yang positif itu terlihat dari perkembangan subscriber Youtube UNS 4.500 pada bulan april 2020 saat Dr Deddy dilantik menjadi Deputi Humas UNS dan meningkat tajam menjadi 8.620 pada Juni 2020. Kemudian subscriber melesat menjadi 28.500 per tanggal 23 Desember 2020,” ujar Prof Sajidan.

Rektor UNS, Prof Dr Jamal Wiwoho bersyukur dengan dua penghargaan yang diraih UNS di ajang AHD tahun 2020 ini. Ini menjadi kado terindah bagi UNS pasca tiga bulan ditetapkan menjadi PTN BH.

“Alhamdulillah, sebagai pendatang baru karena baru 6 Oktober 2020 kemarin UNS ditetapkan sebagai PTN BH, UNS mampu bersaing dengan 11 perguruan tinggi lain yang sama-sama berstatus PTN BH. Semoga di tahun 2021 prestasi UNS akan meningkat lagi dan bisa meraih juara pertama,” papar Prof Jamal.

Anugerah Humas Dikti 2020 sendiri merupakan bentuk penghargaan yang diberikan dari hasil pemantauan dan evaluasi kinerja Humas Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti), serta menjadi pengukuran terhadap kinerja humas.

Peserta yang berpartisipasi mengikuti Anugerah Humas ini antara lain adalah PTN Badan Hukum (PTN-BH), PTN Badan Layanan Umum (BLU), PTN Satuan Kerja (Satker), dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti)

Dalam kompetisi Anugerah Humas PTN dan LLDikti tersebut, UNS setiap tahunnya selalu berjaya menduduki prestasi untuk kelompok Perguruan Tinggi Negeri (PTN)–Badan Layanan Umum (BLU).

Namun tahun ini terbilang istimewa lantaran UNS berhasil menyabet penghargaan di kategori kelompok PTN BH yang berisi PTN bergengsi seantero Indonesia. (Evie Kusnindya)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan