UNS Data Penyintas Covid-19 untuk Pendonor Convalescent

0
donor-darah-uns
PENDONOR REGULER : Rektor UNS Prof Jmal ikut menjadi pendonor reguler dalam kegiatan Donor Darah bertema "UNS Peduli Covid". (suaramerdekasolo.com/dok)

SOLO Suaramerdekasolo.com – Universitas Sebelas Maret (UNS)  Surakarta melakukan pendataan terhadap sivitas akademikanya yang sembuh dari Covid-19, sebagai calon pendonor plasma convalescent. Hal itu dilakukan guna membantu rekan sejawat yang terkena Covid-19 dengan gejala berat.

Pendataan tersebut digelar bersamaan dengan kegiatan donor darah dengan tema ”UNS Peduli Covid – Selamatkan Sesama” yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI). Pelaksanaan donor darah dilakukan di auditorium kampus setempat Selasa (29/12/2020).

Dalam sambutannya, Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho mengatakan, bahwa pendonor plasma convalescent sangat dibutuhkan untuk menolong pasien yang terkena Covid-19.

“Setelah kami data, ada 27 sivitas akademika yang bersedia untuk menjadi pendonor plasma convalescent. Kebetulan 27 orang tersebut pernah positif Covid-19 dan sudah dinyatakan sembuh,” terang Prof Jamal.

Baca : Pedagang Deklarasi Tolak Relokasi di Pasar Kota Sragen yang Baru

Untuk mendukung kesuksesan kegiatan tersebut, Rektor mengajak segenap pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan alumni UNS serta para penyintas Covid-19 untuk berpartisipasi mendonorkan darahnya sesuai pembagian waktu yang telah ditetapkan

“Pelaksanaan donor darah ini tetap menerapkan protokol kesehatan. Pukul 08.30-10-30 untuk FH,FEB, FKIP dan FP. Lalu pukul 10.30-12.30 untuk FT, FISIP, FMIPA dan FKOR. Kemudian pukul 12.30-13.00 istirahat dan pukul 13.00-15.30 untuk FSRD, FIB, FK, Biro, Lembaga, Sekolah Vokasi, Pascasarjana, Rumah Sakit dan UPT,” ujar Prof. Jamal yang dalam kesempatan tersebut turut menjadi pendonor.

Baca : Terdampak Pandemi Covid-19, Pegiat Pariwisata Butuh Bantuan

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Donor Darah UNS, Prof dr Reviono menambahkan, bahwa selama pandemi Covid-19,  stok darah di PMI mengalami penurunan. Menjelang tahun baru, kemungkinan kebutuhan darah akan meningkat.

“Kegiatan ini merupakan dari kepedulian UNS untuk sesama.  Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk sesama,” kata Reviono. Selaku penyelenggara pihaknya mengucapkan terima kasih kepada sivitas akademika UNS yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah tersebut. (Evie Kusnindya)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan