Mulai Januari 2021, Gedung Asrama BLK Karanganyar Jadi Lokasi Isolasi Mandiri

0
gedung-blk-karanganyar
ISOLASI MANDIRI : Gedung Asrama BLK Karanganyar di Bangsri, Kecamatan Karangpandan, akan digunakan sebagai lokasi isolasi mandiri pasien tanpa gejala Covid-19 mulai Januari 2021 mendatang. (suaramerdekasolo.com/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR, suaramerdekasolo.comGedung Asrama Balai Latihan Kerja (BLK) Karanganyar yang berlokasi di kawasan Bangsri, Kecamatan Karangpandan, akan difungsikan sebagai lokasi isolasi mandiri pasien tanpa gejala Covid-19 mulai Januari 2021.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (DInkes) Karanganyar Purwati mengatakan, semua sarana prasarana sudah disiapkan untuk mendukung pemanfaatan gedung sebagai lokasi isolasi mandiri.

“Mulai awal Januari 2021, sudah bisa digunakan untuk lokasi isolasi mandiri pasien, yang karena berbagai sebab tidak memungkinkan untuk isolasi mandiri di rumahnya,” katanya.

Baca : Usung Semangat Kreativitas di HUT Lorin ke-22

Menurutnya, pemanfaatan gedung asrama BLK sebagai lokasi isolasi mandiri sudah didasari komitmen satuan kerja terkait. “Selama menjalani isolasi mandiri, semua kebutuhan makanan dan obat-obatan akan disuplai pemerintah,” tuturnya.

Saat ini, pasien isolasi mandiri di luar rumah dirujuk ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Setelah nanti gedung asrama BLK difungsikan, ada lokasi alternatif untuk merujuk pasien yang harus menjalani isolasi mandiri di luar rumah.

Baca : Masa Pandemi Covid-19, Pabrik Sepatu Aero Makin Berkembang Pesat

“Yang di Donohudan, sejauh ini ada tiga warga Karanganyar yang isolasi di sana. Dua dari Colomadu, satu dari Tawangmangu. Mereka sanggup dan tanpa paksaan, untuk menjalani isolasi mandiri di fasilitas milik pemerintah. Sudah membuat surat pernyataan. Untuk nanti di BLK, mekanismenya juga sama. Yakni pasien membuat surat kesanggupan,” jelasnya.  

Gedung Asrama BLK memiliki fasilitas 68 tempat tidur. Di lokasi tersebut, pasien akan dilayani relawan PSC 119, serta diawasi tenaga kesehatan yang bertugas secara shift. (Irfan Salafudin) 

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan