Talut Plintheng Semar Longsor

0
talut plinteng semar
ALAT BERAT : Anggota DPRD Wonogiri Urin Tri Hartono menggunakan alat berat untuk menyingkirkan longsoran tanah di sekitar Plintheng Semar, Lingkungan Gerdu RT2 RW6 Kelurahan Giripurwo, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Senin sore (4/1/2021). (suaramerdekasolo.com/Dok)

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Sebidang talut di sekitar Taman Selapadi atau Plintheng Semar, Lingkungan Gerdu RT2 RW6 Kelurahan Giripurwo, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri longsor, Sabtu sore (2/1). Longsor di lokasi tersebut telah dua kali terjadi.

Ketua RT 02 RW 06 Lingkungan Gerdu, Ashari Mursito Wisnu mengatakan, talut itu pernah longsor pada Desember 2019 lalu sehingga menimpa satu rumah warga. Talut yang longsor kemudian hanya ditambal dengan tumpukan batu.

Namun, hujan lebat pada Sabtu sore (2/1) membuat tumpukan batu tersebut kembali ambrol. Talut yang ambrol setinggi tiga meter dengan panjang 12 meter di pekarangan rumah milik Maryono (55) warga setempat. “Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” ujarnya.

Dengan adanya kejadian tersebut, warga berharap talut yang lebih kuat dibangun di lokasi itu. Warga telah berupaya bergotong-toyong memperbaiki talut yang longsor. “Kami mendapat bantuan dari Mas Rimo (Urin Tri Hartono, anggota DPRD Wonogiri dari fraksi PDIP), berupa alat berat dan material. Tapi masih kurang dan sampai hari ini masih dikerjakan,” katanya.

Sementara itu, Kabid Pertamanan dan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Wonogiri Waris Kadarwanto mengatakan, pihaknya telah menerima laporan longsor di sekitar Taman Plintheng Semar. Namun, longsor itu tidak berada di area Taman Plintheng Semar sehingga bukan menjadi tanggung jawab pihaknya. “Lokasinya di permukiman masyarakat, bukan di area Plintheng Semar,” ujarnya.

Dia mengaku telah mengusulkan penguatan talut di area Taman Plintheng Semar. (Khalid Yogi)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan