Vaksinasi Covid-19, 3 RS Swasta Karanganyar Dilibatkan

0
vaksin-corona
FOTO/kompas

KARANGANYAR, suaramerdekasolo.com – Tiga rumah sakit swasta di Karanganyar, dilibatkan dalam program vaksinasi Covid-19, yakni RS PKU Muhammadiyah, RS Jafar Medika dan RS Indo Sehat.

Dengan dilibatkannya tiga fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) swasta tersebut, berarti ada 26 fasyankes yang akan melayani vaksinasi Covid-19. Yakni dua rumah sakit milik pemerintah (RSUD Karanganyar dan RSAU dr Siswanto Lanud Adi Soemarmo), serta 21 puskesmas.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Karanganyar Warsito mengatakan, awalnya ada 23 fasyankes milik pemerintah yang dilibatkan dalam program vaksinasi.

“Namun setelah dievaluasi, pemerintah pusat meminta agar rumah sakit swasta dilibatkan. Terutama yang bersedia untuk melakukan program vaksinasi. Sejauh ini, ada tiga rumah sakit swasta di Karanganyar yang bersedia. Tinggal menunggu pelatihan sumber daya manusia (SDM) dari pusat,” katanya.

Warsito mengatakan, seluruh fasyankes yang akan menjadi tempat vaksinasi, sudah mengikuti sosialisasi terkait alur pelaksanaan pemberian vaksin dan hal-hal lain yang berkaitan.

“Dalam sosialisasi itu, ditekankan tentang mekanisme pelaksanaan. Mulai pendaftaran, screening, penyuntikan vaksin dan observasi pascavaksinasi. Semua fasyankes diminta menyiapkan sarana prasarana, termasuk ruang KIPI (kejadian ikutan pascaimunisasi),” jelasnya.

Rencananya, vaksin untuk Karanganyar akan tiba 13 Januari mendatang. Vaksin selanjutnya disimpan di kantor Dinas Kesehatan.

“Kami masih menunggu informasi lebih lanjut, apakah vaksin akan dikirim Dinas Kesehatan Provinsi Jateng ke daerah, atau daerah yang mengambil ke provinsi. Jika harus mengambil ke sana, kami akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk pengawalan dan pengamanan,” imbuhnya. (Irfan Salafudin)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan