Lapuk, Atap Rumah Nenek 81 Tahun Ambruk

0
rumah-ambruk-karanganyar
AMBRUK : Warga menyangga tembok rumah Mbah Reso di Wates RT 1 RW 10 Desa Jetis, Kecamatan Jaten dengan bambu, untuk mencegah agar tidak ambruk, Selasa (12/1/2021). (suaramerdekasolo.com/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR, suaramerdekasolo.com – Atap bagian depan rumah milik Reso Suwarti, warga Wates RT 1 RW 10 Desa Jetis, Kecamatan Jaten, atapnya roboh karena lapuk, Senin (11/1/2021) malam. Wanita 81 tahun itu mengalami luka pada pelipis kiri, akibat tertimpa puing atap rumahnya.

Saat peristiwa terjadi, Mbah Reso sedang tidur. Proses evakuasi untuk mengeluarkan Mbah Reso dari timbunan puing atap rumah, berlangsung sekitar 15 menit. Usai dievakuasi, dia kemudian dibawa ke Puskesmas Jaten I untuk mendapat perawatan.

Akibat kejadian itu, bagian depan rumah seluas 8 x 16 meter itu hanya menyisakan tembok sisi timur dan ruang belakang. Karena kondisinya sudah parah, tembok sisi timur kemudian dirobohkan sekalian. Sementara bagian belakang rumah, yang atapnya juga sudah lapuk, disangga tiga bambu.

Baca : Polda Jateng Gelar Operasi Yustisi dan Operasi Aman Nusa

Ketua RT 1 Surono mengatakan, sehari-hari Mbah Reso tinggal seorang diri. “Suaminya sudah meninggal, sementara anaknya tinggal di Mojosongo, Solo. Atap rumah roboh sekitar pukul 22.00. Saya dikabari tetangga, kalau atap rumah Mbah Reso ambruk,” katanya, Selasa (12/1/2021).

Setelah kejadian itu, Mbah Reso sementara tinggal di rumah Surono, yang juga keponakannya. Suyamto, anak Mbah Reso mengaku, sudah mengajak ibunya untuk tinggal bersamanya di Mojosongo.

“Namun ibu tidak mau, pilih tinggal sendiri di Wates. Sebenarnya sudah ada rencana renovasi rumah, pada Maret nanti. Sebab, kondisinya memang sudah rapuh,” ujarnya.

Baca : Bau RUM Menyengat Lagi, Masyarakat Diminta Layangkan Aduan

Kades Jetis Nur Wibowo mengatakan, pemerintah desa akan membantu perbaikan rumah Mbah Reso. “Desa setiap tahun menganggarkan dana darurat untuk membantu warga yang terkena bencana. Nanti dibantu perbaikannya dari dana tersebut,” imbuhnya. (Irfan Salafudin) 

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan