Penyebaran Covid-19, 141 Desa Boyolali Kategori Resiko Tinggi

0
corona-boyolali
DISITA: Petugas Satpol PP menyita meja PKL yang ditinggalkan pedagang dalam razia PPKM di Jalan Pandanaran, Boyolali Kota. (suaramerdekasolo.com/Joko Murdowo)

BOYOLALI,suaramerdekasolo.com – Sebanyak 141 desa dari total 267 desa se-Kabupaten Boyolali masuk resiko tinggi penyebaran Covid-19. Untuk itu, Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diperketat.

Menurut Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Boyolali, Suratno, pelaksanaan PPKM penekanannya berbeda-beda di masing-masing desa dan kecamatan. Kebijakan itu dilakukan mengingat, tak seluruh desa atau kecamatan memiliki tingkat resiko yang sama terhadap penyebaran Covid-19.

“Kebijakan secara mikro dilakukan pengetatan yang berbeda antara kecamatan yang satu dengan kecamatan yang lain dan desa yang satu dengan desa yang lain,” katanya, Selasa (12/1/2021).  

Baca : Wabah Corona, Fraksi dan DPC PDI Perjuangan Boyolali Bantu APD

Dijelaskan, jika desa atau kecamatan memiliki tingkat penyebaran yang tinggi atau berada di Zona Merah, maka Satgas Covid-19 benar-benar akan mengetatkan PPKM ini. “PPKM di 141 desa yang masuk resiko tinggi harus lebih ketat. Terutama di RT atau lingkungan masyarakat yang beresiko tinggi penyebaran Covid-19.”
Sedangkan sisanya, yakni 126 Desa, berada di zona hijau atau resiko rendah penyebaran Covid-19. Sehingga desa tesebut PPKM ini dilaksanakan sebagaimana mestinya seperti yang telah diatur dalam surat edaran (SE) Bupati Boyolali 300/567/5.5/2021.

“Kami berharap penerapan PPKM ini mendapat dukungan penuh dari masyarakat.”

Baca : Kabupaten Boyolali Siapkan RS Khusus Corona

Tujuannya, agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir. Sebab, jika jumlah kasus Covid-19 ini terus bertambah tak menutup kemungkinan kebijakan PPKM ini bakal diperpanjang.

“PPKM ini harus dipatuhi seluruh masyarakat. Masyarakat diminta senantiasa mematuhi protokol kesehatan serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat.” (Joko Murdowo)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan