Listyo Sigit Prabowo Sosok Low Profile

0
Komjen-Listyo-Sigit-Prabowo
FOTO DIRI : Komjen Listyo Sigit Prabowo (dokumentasi)

*Suara Para Tokoh Solo

SOLO, suaramerdekasolo.com – Sosok Komjen Listyo Sigit Prabowo dikenal memiliki hubungan dekat dengan sejumlah tokoh saat menjabat Kapolresta Surakarta periode 2011 hingga 2012. Salah satu tokoh yang kenal dekat yakni Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Kota Surakarta, HM Mashuri.

Secara terang-terangan, tokoh kharismatik dari kalangan Nahdiyin itu memberikan dukungan penuh kepada sahabatnya tersebut menjadi Kapolri pengganti Jenderal Pol Idham Azis.

“Kami husnudzon dan menyambut baik. Saya kira sudah tepat ketika memandang dari segi profesionalitas, kapasitas, dan integritas, namun tidak meninggalkan prestasi selama ini, beliau pantas menduduki jabatan tertinggi di Korps Kepolisian,” tegas Mashuri, Minggu (17/1/2021).

Baca : Penangkapan Djoko Tjandra Dilakukan Dengan Cara Serah Terima di Atas Pesawat

Mashuri memaparkan kinerja Listyo Sigit sudah terlihat sejak masih bertugas di wilayah Jawa Tengah, mulai Kapolres Pati, Kapolres Sukoharjo, Wakalpotabes Kota Semarang dan sebagai Kapolresta Surakarta.

Pada sisi lain, lanjut Mashuri, Jenderal Bintang Tiga Dipundak kelahiran Ambon 51 tahun yang lalu itu, dinilainya dekat dan bisa merangkul para ulama, terutama ulama dari NU.

“Sikap humble dan low profile yang ditunjukkan selama ini saya kira bisa mengayomi masyarakat. Sehingga akan mudah meminimalisir konflik,” terangnya.

people-power-pcnu-solo
FOTO DIRI : Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Surakarta, Muhammad Mashuri (suaramerdekasolo.com/Ari Purnomo)

Baca : Berkunjung Ke Polda Sultra, Ini Pesan Kapolri

Mantan Wakil Ketua KNPI Solo itu berharap jika Listyo Sigit resmi jadi Kapolri, masih perlu dilakukan pembenahan di internal kepolisian, sehingga institusi kepolisian akan semakin baik dan dicintai rakyat.

“Dalam penegakan hukum harus transparan akuntabel, tidak tebang pilih, profesional. Adapun dalam Institusi Polri bisa kompak dan tidak ada faksi-faksi sehingga harus satu jalur komando,” tandasnya.

Tokoh lainnya yang menjadi sahabat Listyo Sigit Prabowo yakni Habib Hasan Mulachela.

Tokoh masyarakat yang suka berdema itu menunjukkan sikap positif atas penunjukkan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri.

habib-hasan-mulachela
FOTO DIRI : Habib Hasan Mulachela, Tokoh Masyarakat Solo.

Baca : PP Muhammadiyah Sebagai Mitra Strategis Dalam Harkamtibmas

Menurutnya, jenderal bintang tiga yang kini menjabat Kabareskrim Polri itu punya banyak prestasi dan loyalitas dalam pengabdian di korps Bhayangkara.

Habib bergaya nyentrik itu menyampaikan hal yang cukup penting yakni Listyo Sigit Prabowo dapat mengatasi berbagai permasalahan hukum di Indonesia hingga tuntas. (Sri Hartanto)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan