54 Korban Gempa Sulawesi Barat Pulang ke Jateng

0
pengungsi-gempa-sulawesi
TURUN: Sejumlah pengungsi turun dari pesawat Hercules TNI AU di Bandara Adi Sumarmo. (suaramerdekasolo.com/Joko Murdowo)

*Naik Hercules TNI AU

BOYOLALI,suaramerdekasolo.com – Sebanyak 54 orang pengungsi bencana gempa Sulawesi Barat pulang ke Jawa Tengah. Mereka difasilitasi pemerintah dengan naik pesawat Hercules TNI AU.

Sesampai di Bandara Adi Sumarmo, Kamis (21/1), ke-54 orang tersebut langsung menjalani rapid tes antigen. Tidak banyak barang bawaan mereka. Rata- rata hanya membawa sejumlah tas atau ransel berisi pakaian.

Menurut Danlanud Adi Sumarmo, Kolonel  Nav I Nyoman Suadnyana, selain 54 warga asal Jateng, pesawat Hercules tersebut juga mengangkut 48 warga Jawa Timur. Untuk itu pesawat akan terbang lagi ke Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang.

“Kami sebatas memfasilitasi dan membantu saudara- saudara kita yang ingin pulang ke tempat asal. Tak hanya dari Jawa Tengah atau Jawa Timur ini saja, namun juga asal daerah lain di Indonesia,” katanya.

Kepala Dinas Sosial Jawa Tengah, Harso Susilo menambahkan, kepulangan pengungsi korban gempa asal Jawa Tengah ini juga difasilitasi Dinsos Sulawesi Barat bersama TNI. Ke-54 orang tersebut, dua orang dari Magelang dan dua orang asal Demak.

“Sisanya 50 orang dari kawasan Solo Raya.”

Selain ke-54 pengungsi ini, masih ada 14 orang lagi yang masih menunggu di Makasar. Mereka belum bisa dipulangkan karena terindikasi positif Covid-19. Untuk itu, mereka wajib menjalani isolasi selama 14 hari.

“Mereka pulang atas inisitaif sendiri, kami sebatas memfasilitasi.”

Sementara itu, Sekda Surakarta, Ahyani menjelaskan, setelah pemeriksaan rapid tes di Bandara Adi Sumarmo selesai, maka para pengungsi tersebut akan didata lebih lanjut di Solo Technopark (STP).  (Joko Murdowo)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan