Tak Tega Lihat Jalan Rusak, Warga Kwadungan Urunan Perbaiki Jalan

0
swadaya-perbaiki-jalan-desa-kwadungan
PERBAIKI JALAN : Ruas jalan Domas Desa Kwadungan Kecamatan Kerjo, Karanganyar, dekat perbatasan dengan Kedawung, Sragen mengalami kerusakan dan dikerjakan secara swadaya masyarakat Minggu (24/1/2021) pagi.(SM/Anindito)

MASYARAKAT yang tinggal di Dusun Domas Desa Kwadungan, Kecamatan Kerjo, Karanganyar, Minggu (24/1) pagi secara swadaya menambal jalan rusak. Sumberdana untuk memperbaiki jalan itu diambilkan dari urunan warga. Karena kerusakan jalan sudah mengakibatkan banyak pengendara sepeda angin maupun sepeda motor kecelakaan akibat selip, sehingga warga turun tangan memperbaiki secara swadaya. ”Tidak tega kalau melihat kerusakan jalan cukup parah dan sudah menimbulkan kecelakaan,” tutur Lilik warga Desa Kwadungan, Kerjo, Karanganyar, kemarin. Sejumlah warga kemudian turun ke jalan untuk memperbaiki jalan yang rusak parah itu.
Ketua RT 01 Kastoro bersama Ketua RW 02

Dusun Domas Suharno bersama masyarakat memperbaiki jalan rusak. Kastoro dihadapan warga Domas meminta warga ikut bekerja bakti untuk melakukan pekerjaan sosial yang menjadi tanggungjawab bersama. Sebab jika jalan rusak itu diabaiakan, maka akan semakin banyak membawa korban.
Sering Kecelakaan


Daripada sering mendengar kecelakaan pengendara sepeda angin atau sepeda motor akibat selip, warga meluangkan waktunya untuk menambal jalan. ”Kegiatan itu mendapat respon warga,” ungkap Kastoro.
Menurut warga, sebenarnya perawatan jalan itu menjadi tanggungjawab DPUPR Kabupaten Karanganyar. Namun karena kerusakan tidak segera diperbaiki, sehingga warga pun turun tangan berinisiatif untuk menambal sendiri. Kalau hujan jalan berlubang itu menjadi kubangan penuh lumpur dan licin. Sehingga membahayakan pengguna yang lewat, terutama pengendara sepeda onthel dan sepeda motor. Sudah beberapa kali ibu-ibu pengendara sepeda motor terjatuh, akibat mengalami selip. Jalur yang berada dekat perbatasan dengan Kabupaten Sragen itu sering dilewati warga yang akan menuju kawasan wisata Kebun Durian di kawasan Waduk Gondang, Kecamatan Kerjo, Karanganyar.(Anindito)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan