Pemkab Sukoharjo Belum Ada Rencana Beri Kompensasi PPKM

0
bupati-sukoharjo-wardoyo-wijaya
FOTO/DOK

SUKOHARJO,suaramerdekasolo.com – Pemkab Sukoharjo memutuskan belum memberikan kompensasi ataupun pemberian relaksasi retribusi bagi para pelaku usaha atas kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) saat pandemi Corona ini.  

“Belum ada kebijakan daerah untuk kompensasi PPKM. Sementara kebijakan itu dulu berupa bantuan modal usaha dari Pusat,” kata Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Selasa (26/1/2021).

Baca : Tak Tega Lihat Jalan Rusak, Warga Kwadungan Urunan Perbaiki Jalan

Dikatakan, Pemerintah Pusat telah menggelontorkan stimulus bantuan modal usaha bagi pelaku UMKM senilai Rp2,4 juta. Di Sukoharjo sendiri penerima bantuan stimulus modal usaha ini mencapai ratusan ribu orang. Bantuan diserahkan langsung ke rekening penerima.

Di satu sisi, bupati tidak memungkiri penerapan PPKM berdampak pada semua lini. Namun kebijakan ini sepenuhnya dilakukan untuk menekan penyebaran virus Corona yang hari ke hari kasusnya terus melonjak.

Baca : Ringankan Dampak Covid-19, Jemaat Gereja Bagi Sembako

Karena itu pihaknya meminta agar warga mematuhi kebijakan PPKM, yang tujuan utamanya adalah untuk menekan penyebaran virus Corona. Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop dan UKM) Sukoharjo Sutarmo mengatakan, masih akan mengkaji secara cermat dampak PPKM.

“Jika memang hasil kajian menunjukkan dampak signifikan terhadap omzet pelaku usaha, tentu Pemda akan mempertimbangkan pembebasan retribusi sebagaimana tahun lalu. Namun untuk saat ini belum ada pembebasan retribusi,” katanya. (Heru Susilo)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan