Rawan Ambruk, Rumah Janda di Bulu Dirobohkan

0
rumah-ambruk-sukoharjo
GOTONG ROYONG : Petugas dan warga goton royong di rumah seorang janda yang ada di Desa Gentan Kecamatan Bulu, Rabu (27/1/2021). (suaramerdekasolo.com/Heru Susilo)

SUKOHARJO,suaramerdekasolo.com – Rumah seorang janda tua di Dukuh Kelor RT 1/ 8 Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, terpaksa dirubuhkan karena rawan ambruk.
Sebab rumah dari bambu milik Ngatinem (78), itu kondisinya lapuk dan tak kuat menahan derasnya guyuran air hujan disertai angin kencang. Terlebih bagian belakng rumahnya ambruk sat hujan, Rabu (27/1/2021). Kini Ngatinem yang tinggal seorang diri harus mengungsi ke rumah tetangga.

Menurut Ngatinem, saat itu hujan deras mengguyur wilayah Bulu sekitar pukul 14.00 hingga 15.00 WIB. Saat duduk, dia mendengar suara keras dari bagian belakang. Saat dilihat ternyata bangunan dapur miliknya sudah ambruk.

Atas kejadian itu, beberapa tetangganya datang untuk melihat dan memberikan bantuan. Mereka juga menyarankan agar Ngatinem tidak menempati rumah tersebut karena sangat rawan ambruk.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo Sri Maryanto mengatakan, warga bersama aparat desa setempat melakukan kerja bakti pembersihan bangunan rumah. Warga dan aparat desa akan bergotong-royong menbangun rumah bagi Ngatinem.

“Jadi sebenarnya yang ambruk bagian dapurnya. Tapi karena bangunan lainnya juga rawan ambruk maka dirobohkan semuanya,” katanya.

Dikatakannya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun kerugian ditaksir mencapai Rp10 juta. BPBD juga telah memberikan bantuan logistik bagi warga korban rumah ambruk tersebut. Dia pun meminta warga mewaspadai terhadap bangunan rumah yang rapuh saat hujan deras disertai angin kencang. Hal ini dikarenakan rawan ambruk. (Heru Susilo)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan