Suara Merdeka Biro Solo Gelar Donor Darah

0
donor-sarah -suara-merdeka
KEGIATAN Donor Darah dalam rangka HUT SM ke-71 digelar di kantor Biro Solo Jalan Dr Moewardi 34 Badran, Purwosari, Laweyan. (suaramerdekasolo.com/Yoma Times)

SOLO,suaramerdekasolo.com – Suara Merdeka Biro Solo bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surakarta, menggelar kegiatan donor darah, pada Kamis (18/2/2021). Aksi donor darah tersebut dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat sesuai anjuran pemerintah.

Para pendonor diwajibkan untuk cek suhu badan, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak antara satu pendonor dan pendonor lainnya.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Kantor SM Biro Solo di Jalan Dokter Muwardi 34 Badran, Purwosari, Laweyan itu, puluhan pendonor yang terdiri atas anggota Polresta Surakarta, anggota Komunitas Kami Gemilang, karyawan SM serta sejumlah warga yang menyumbangkan darahnya untuk kemanusiaan.

Kepala Biro SM Solo Sri Hartanto mengatakan, kegiatan sosial tersebut digelar dalam rangka memperingati HUT ke-71 Suara Merdeka, koran Perekat Komunitas Jawa Tengah. Selain itu juga bertujuan membantu PMI melaksanakan tugas kemanusiaan.
“Ini sebagai wujud kepedulian kami untuk kemanusiaan karena di masa pandemi darah sangat berarti untuk menyelamatkan seseorang, ” kata Hartanto.

Merujuk informasi dari PMI, lanjut Hartanto, di masa pandemi ini kebutuhan darah semakin meningkat. Sebab banyak yang digunakan untuk terapi konvalesen, penanganan khusus DBD, kecelakaan serta ke gawatdaruratan lainnya.

Sementara di sisi lain, selama pandemi jumlah pendonor mengalami penurunan yang berimbas pada stok darah.
Apalagi selama ini PMI Kota Surakarta juga menyangga kebutuhan darah bagi daerah-daerah lain di Jawa Tengah.

Dalam kegiatan tersebut terlihat belasan anggota Kepolisian yang ikut mendonorkan darahnya.
Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengemukakan jika keterlibatan para anggotanya dalam kegiatan sosial tersebut merupakan bentuk kepedulian anggota kepada masyarakat yang membutuhkan.

Kegiatan bakti sosial, lanjut Kapolresta secara rutin dilakukan baik yang dilaksanakan di kantor Suara Merdeka maupun di tempat lain.

Kerjasama dalam pelaksanaan seperti donor darah, tambahnya, dilakukan juga bersama instansi lain, lembaga masyarakat maupun dengan stakeholder lainnya.
Adapun petugas kepolisian yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut di antaranya merupakan personel Sabhara Polresta Surakarta. (Evie Kusnindya)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan