BUMDes Sawahan Jadi Agen BRILink

0
agen-brilin-klaten
BUMDES BRILINK : Pemimpin Cabang BRI Klaten Sumarno menandatangi sertifikat agen BRILink kemudian diserahkan oleh Camat Juwiring kepada Kades Sawahan.(suaramerdekasolo.com/Merawati Sunantri)

KLATEN, suaramerdeka solo.com – BRI Cabang Klaten semakin memperluas pelayanan kepada masyarakat, salah satunya melalui agen BRILink di desa-desa, salah satunya dengan menggandeng Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Agen BRILink membuat masyarakat semakin mudah mengakses layanan perbankan.

Hal itu diungkapkan Pemimpin Cabang BRI Klaten Sumarno saat peresmian Agen BRILink BUMDes Pratama Mandiri Perkasa Desa Sawahan, Kecamatan Juwiring, Klaten, Rabu (24/2). Rencananya, 19 BUMDes yang ada di Juwiring juga akan segera menyusul menjadi agen BRILink.

‘’Adanya agen BRILink membuat masyarakat tidak perlu jauh-jauh untuk bertransaksi di BRI, baik penabung atau mengambil uang, kecuali pinjaman. BRI sudah bertekad akan melayani masyarakat sampai ke tingkat desa,’’ kata Sumarno.

Dia juga menawarkan kerja sama yang lebih luas, yakni dengan memberikan pelatihan manajemen dan administrasi keuangan kepada pengurus BUMDes. Selain itu, jika BUMDes bisa mengangkat produk unggulan desa, maka BRI juga bisa membantu promosi melalui ekspo seperti yang digelar tahun 2020 lalu.

‘’Bila banyak masyarakat yang memanfaatkan agen BRILink BUMDes maka fee yang didapat juga bisa untuk menambah pendapatan pengurus. Di masa mendatang, akan makin banyak transaksi cashless dan penjualan online. Peluang itu bisa dimanfaatkan BUMDes.

Peresmian ditandai penandatangan sertifikat ageng BRILink oleh Sumarno dan diserahkan kepada Kades Sawahan Muji Widodo. Acara disaksikan Kepala Dispermasdes Joko Purwanto, Camat Juwiring Herlambang Joko Santoso, Manajer Bisnis Mikro, Kepala BRI Unit Juwiring, Kapolsek dan perwakilan Danramil serta pengurus BUMDes.

Kades Sawahan Muji Widodo mengatakan, adanya agen BRILink akan memberi kemudahan warga Sawahan dalam bertransaksi. DIa berharap, 19 desa yang ada di Juwiring juga bisa melakukan hal yang sama.

Camat Juwiring Herlambang menambahkan, saat ini sudah ada forum BUMDes beranggota 19 BUMDes di 19 desa. Dia menyambut baik bila akan difasilitasi pelatihan bagu pengurus BUMDes oleh BRI agar BUMDes semakin maju.

Sementara itu, Kepala Dispermasdes Joko Purwanto mengatakan, BUMDes yang profit oriented bisa menjadi mitra pelaku usaha lain agar mengembangkan bekerja sama, seperti dengan BRI. UMKM yang produksi barang dan BUMDes membantu penjualan.

‘’Kelemahan BUMDes mungkin di sisi SDM, permodalan, manajemen dan wawasan bisnis serta jejaring, sehingga perlu didorong. Direktur BUMDes segera sosialisasikan ke masyarakat. BRILink baru salah satu, masih banyak yang bisa dikembangkan, harus kreatif dalam mengelola potensi desa,’’ tegas dia.

Agar bisa berkembang, BUMDes harus kreatif, inovatif dan berbasis online serta mulai membiasakan transaksi dengan sistem transfer. Bila ada masalah yang dihadapi, kini sudah ada klinik BUMDes yang siap membantu.(Merawati)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan