Karakternya Pas untuk Hand Lettering dan Pinstriping, Envi Cat Kayu dan Besi Jadi Pilihan Utama Oki

0
hand-lettering-sukoharjo
HAND LETTERING : Oki Nandiwardana menorehkan Envi Cat Kayu dan Besi di permukaan helm Trooper, dalam proses pembuatan hand lettering untuk mempercantik tampilan helm di workshop Trooper yang berlokasi di kawasan Pabrik Danliris di Desa Banaran, Kecamatan Grogol, Sukoharjo.

PEMILIHAN cat yang tepat, akan menghasilkan karya yang memikat. Itulah sebabnya, Oki Nandiwardana tak mau main-main dengan merek cat yang digunakannya.

Sebagai perajin helm custom, pria pemilik brand “Trooper” tak ingin kualitas helm buatannya menurun, hanya karena salah merek cat.

Produk Envi Cat Kayu dan Besi keluaran PT Indaco Warna Dunia (Indaco) pun, jadi pilihannya. Merek tersebut hampir selalu dipakainya, ketika menorehkan hand lettering ataupun pinstriping di permukaan helm “Trooper”.

Sebagai produk helm berbasis custom, tampilan hand lettering ataupun pinstriping yang memikat mata menjadi mutlak, karena aura helmnya akan semakin mencuat. Dan si pemilik helm pun menjadi lebih pede, saat mengenakannya.

Oki bercerita, cat Envi Cat Kayu dan Besi menjadi pilihan utamanya dalam membuat hand lettering dan pinstriping.

“Penggunaannya di permukaan helm, di luar coating dan clear. Envi Cat Kayu dan Besi ini saya pakai khusus untuk hand lettering dan pinstriping. Ditorehkan dengan kuas khusus, yang biasa dipakai untuk membuat ornamen-ornamen kecil,” katanya.

Karakter Envi Cat Kayu dan Besi, menurut Oki, cocok untuk diaplikasikan di permukaan helm. “Cat ini semakin kena panas dan kena angin, akan semakin awet. Memang keringnya agak lama. Tapi kalau sudah matang, ilangnya susah. Jadi pas untuk meng-custom helm,” jelasnya.

Pria 32 tahun ini bercerita, sebelum memakai Envi Cat Kayu dan Besi, dia pernah mencoba beberapa merek untuk pengerjaan hand lettering dan pinstriping.

“Dari beberapa merek yang saya pakai, saya klik dengan karakternya Envi. Warna yang keluar bisa matang, cat-nya juga awet. Sebenarnya ada produk yang paling oke untuk pengerjaan lettering, buatan Amerika, tapi barangnya jarang ada. Mahal juga. Setelah pakai Envi Cat Kayu dan Besi, ternyata kok cocok. Barangnya mudah didapat, harganya juga bersahabat,” tuturnya.

Sesekali, Oki masih menggunakan cat merek lain, untuk memperkaya tampilan karyanya. “Namun yang paling sering dipakai ya merek Envi,” lanjutnya.

Ditanya tentang awalnya nyemplung di dunia helm custom, Oki mengaku, pada mulanya membuat helm sendiri untuk keperluan sendiri. Namun setelah helm karyanya diperlihatkan di media sosial, ternyata banyak yang meminati.

“Termasuk meng-custom helm dengan hand lettering atau pinstriping, awalnya juga karena bosan menggambar di atas kertas. Saya pakai helm sebagai media gambar. Coba-coba, ternyata menarik dan keterusan hingga kini,” ujarnya.

Oki menambahkan, sebagai helm berbasis custom, Trooper sering kali dijual dengan tambahan ornamen hand lettering dan pinstriping sesuai keinginan pembelinya.

“Memang ada yang beli polos. Tapi banyak juga yang minta di-custom dengan motif, tulisan atau gambar tertentu, sesuai selera konsumen. Biar tampilannya beda dengan yang lain, lebih menarik perhatian,” imbuhnya. (Irfan Salafudin)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan