Dewan Syariah Dompet Dhuafa berkunjung ke Aceh

0
dayah-darusslam-montasik

ACEH,suaramerdekasolo.com – Ketua Dewan Syariah Dompet Dhuafa, Prof. Dr. Drs. KH. M. Amin Suma, BA. SH. MA. MM. bersama Ustaz Ahmad Fauzi Qasim (sekretaris) berkunjung ke Aceh, Senin (8/3/2021). Dalam kunjungan ini, Dewan Syariah Dompet Dhuafa melakukan beberapa agenda inti, di antaranya silaturrahmi ke Baitul Mal Aceh, yakni salah satu lembaga keistimewaan Aceh sebagai penghimpun zakat, infak, dan dana halal lainnya yang ditetapkan oleh pemerintah.

Prof. Amin menyatakan bahwa kunjungan ini murni silaturrahmi. Sudah sepatutnya lembaga swasta menunjukan ketundukannya pada lembaga yang telah ditetapkan resmi oleh pemerintah. Dalam hal ini, mengingat tujuan dari keberadaan lembaga amil zakat yaitu mengelola harta umat untuk kesejahteraan umat, saling bersinergi menuju tujuan tersebut. Meluaskan kebermanfaatan dan saling mendukung.

“Dompet Dhuafa sebagaimana diketahui bersama telah menjadi lembaga amil zakat tertua, yang telah menebar kebaikan sejak 28 tahun yang lalu, tentunya memiliki program-program unggulan yang dapat disaksikan keberhasilannya dalam mengelola dana ziswaf, semoga bisa beriringan dengan Baitul Mal Aceh. Sinergi kebaikan untuk mewujudkan pengelolaan dana halal secara produktif, tidak hanya konsumtif. Sehingga terwujudlah cita-cita kita bersama yakni mengangkat derajat mustahik menjadi muzakki,” ucap Prof. Amin dipenghujung pertemuan.

Ketua Komisioner Baitul Mal Aceh, Prof. Dr. Nazaruddin A. Wahid, MA. bersama jajarannya menyambut baik kunjungan ini. Baitul Mal mengaku sangat membuka diri, mencari mitra-mitra kebaikan yang tepat dengan keprofesionalannya dalam menangani urusan umat. Inisiasi program-program pemberdayaan, guna memaksimalkan manfaat harta zakat. Mengingat cakupan tugas layanan Baitul Mal adalah seluruh Aceh, tentunya ini membutuhkan energi yang cukup besar.

Selain itu, dalam kunjungan ini, Dewan Syariah Dompet Dhuafa juga bersilaturrahmi dengan Kementrian Agama Provinsi Aceh, Selasa (9/3/2021). Silaturrahmi guna menguatkan keeratan hubungan keduanya dalam meningkatkan pelayanan dan peningkatan kesejahteraan umat. Mengingat sebelumnya Kementrian Agama juga telah bersinergi dalam kebaikan dengan Dompet Dhuafa. Semoga kedepan semakin banyak program yang dapat digiatkan bersama.

Dalam kesempatan ini, Dewan Syariah Dompet Dhuafa juga menyambangi usaha budidaya tiram, Program Pengembangan Desa Tangguh dan Produktif dibawah binaan Dompet Dhuafa, yakni di desa Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala – Kabupaten Aceh Besar. Selain itu, juga menyaksikan langsung Aksi Layanan Kesehatan gratis untuk santri dan guru di Dayah Istiqamatuddin Darussalam, Kecamatan Montasik – Kabupaten Aceh Besar. Selama ini Dompet Dhuafa aktif terlibat dalam meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat dayah, diantaranya; mewujudkan kamar mandi, dan Unit Kesehatan untuk Dayah tersebut.(rls)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan