Tilang Elektronik, Polres Boyolali Sinergikan CCTV Pemerintah Daerah

0
e-tilang-boyolali
KOPEK: Anggota Satlantas Polres Boyolali siap melakukan pemantauan di jalan dengan kamera portable penindakan kendaraan bermotor (Kopek) yang terpasang di helm. (suaramerdekasolo.com/Joko Murdowo)

BOYOLALI,suaramerdekasolo.com – Polres Boyolali langsung bergerak cepat terkait peluncuran program Electronic Traffic Law Enforcement(ETLE) atau tilang elektronik yang digulirkan Polri.

Menurut Kapolres Boyolali AKBP Morry Ermond, untuk penerapan tilang elektronik (e-tilang) ini dari Polres Boyolali telah ada dua CCTV yang terpasang. Namun demikian, CCTV yang ada akan ditambah nantinya.

Untuk mengoptimalkan pemantauan, pihaknya juga akan mensinergikan dengan CCTV milik Pemkab Boyolali yang tersebar di sejumlah titik. CCTV tersebut akan dikoneksikan ke program Kepolisian untuk menindak pelanggar lalu lintas.

“Kalau di Boyolali, kita sudah siapkan 2 titik CCTV yang statis. Namun kita sedang kembangkan dengan Dinas Kominfo yang memiliki 60 CCTV. Itu nanti akan ter-connecting sama kita dan itu juga kita akan masukkan dalam ETLE tadi,” ujar Kapolres.

Bahkan, beberapa anggota polisi lalulintas juga dilengkapi dengan kamera portable penindakan kendaraan bermotor (Kopek). Kamera itu dipasang di helm anggota Satlantas yang melaksanakan kegiatan patroli.

“Kalau Kopek kita punya 5, dipasang di helm. Ada juga yang dipasang di mobil.”

Ditambahkan, tilang elektronik ini merupakan bagian dari social engineering kepada masyarakat. Yaitu membiasakan masyarakat untuk bisa disiplin berlalu lintas tanpa harus ada kehadiran polisi di jalan.

“Jadi, masyarakat bisa lebih membudayakan disiplin berlalulintas.”

Terpisah, Wakil Bupati Boyolali, Wahyu Irawan menambahkan, pihaknya mendukung penerapan ETLE. Diharapkan dengan penerapan tilang elektronik ini masyarakat bisa lebih tertib, lebih patuh terhadap aturan lalulintas.

Dengan tertib di jalan raya maka bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas. Setiap pengguna jalan selalu mematuhi peraturan lalu lintas kapanpun juga tanpa melihat apakah ada petugas aatu tidak.

“E-Tilang ini menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk lebih tertib lagi di jalan. Tak hanya itu saja, CCTV yang ada bisa pula membantu untuk pemantauan tindak kriminal seperti pencurian dan kejahatan lainnya.” (Joko Murdowo)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan