Belasan Napi dan Puluhan Sipir Bersihkan Alun-alun Utara Keraton Surakarta

0
warga-binaan-rutan-solo
BHAKTI SOSIAL- Para warga binaan dan petugas Rutan Kelas I Surakarta bersama pegawai DLH bahu membahu membersihkan kawasan Alun-alun Utara Keraton Surakarta Hadiningrat, pada Rabu (31/3/2021) pagi. (suaramerdekasolo.com/Sri Hartanto)

SOLO, suaramerdekasolo.com– Belasan warga binaan Rutan Klas I Surakarta membersihkan kawasan Alun-Alun Utara Keraton Surakarta Hadiningrat, Rabu (31/3/2021) pagi.

Para narapidana tersebut diajak keluar dari Rutan untuk peduli terhadap lingkungan sekitar yang terlihat kotor.

Enam belas napi resik-resik Alun-alun tentu saja bersama puluhan petugas atau sipir rutan. Mereka cukup semangat memotongi rumput liar serta membersihkan daun-daun kering ditanah hingga membuang barang-barang sampah ke dalam bak truk. Empat truk milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surakarta terlihat penuh membawa sampah dari area tersebut.

Kegiatan bhakti sosial tersebut menurut Karutan Klas I Surakarta, Urip Dharma Yoga dilakukan dengan menggandeng Dinas Lingkungan Hidup. “Ini sebagai wujud kepedulian kita terhadap lingkungan hidup dan pengabdian warga binaan kepada Kota Surakarta,” tegasnya.

Dikemukakan Karutan, ada 21 petugas dan 16 warga binaan yang mengikuti kegiatan resik-resik Alun-alun Utara. “Bagi napi atau warga binaan yang mengikuti kerja bhakti kita nilai sudah berkelakuan baik, dan tidak akan memiliki niat untuk kabur memanfaatkan situasi. Sebab meski kerja sosial diluar, mereka tetap kami awasi dan kami dampingi,” terang mantan Kalapas Wonogiri tersebut.

Dalam kegiatan itu, lanjut Urip Dharna Yoga juga untuk latihan bagi warga binaan sehingga nanti tiba waktunya bebas mereka sudah siap berbaur dengan masyarakat. “Mereka juga sanggup untuk kembali ke dunia sosial,” terangnya.

Adapun dipilihnya Alun-alun Utara sebagai titik simpul kerja bhakti merupakan hasil koordinasi dengan DLH Kota Surakarta. “Jadi memang kita minta dicarikan tempat yang sekitarnya perlu dirapikan. Sangat tepat Alun-alun utara untuk dibersihkan sebagai inisiatif, apalagi lokasonya sebagai public space yang memiliki nilai sejarah. Kegiatan ini juga akan berlanjut menyasar kawasan lain,” terang orang pertama di Rutan Kelas I Surakarta itu.

Bakti sosial yang akan terus dilakukan hingga menjelang Bulan Ramadan itu sebagai wujud untuk memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan (PAS) yang ke-57.

Sejumlah titik akan dibersihkan. Lokasi pertama yang dibersihkan yakni kawasan Alun-alun Utara Keraton Surakarta Hadiningrat, pada Rabu (31/3/2021). Selanjutnya di sepanjang Jalan Slamet Riyadi mulai flyover Purwosari hingga Balaikota Surakarta. Diteruskan di kawasan Ngarsopuro hingga Beteng Vasternburg. Terakhir rencana bersih-bersih lingkungan di kawasan Masjid Agung menjelang Bulan Suci Ramadan. (Sri Hartanto)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan