Pesanggrahan Mangkunegoro IV Disulap Jadi Gallery dan Resto

0

*Siapkan Menu Nusantara saat Puasa Ramadan

SOLO, suaramerdekasolo.com-Ndalem pesanggrahan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA)  Mangkunegara IV (1863 – 1881) yang berada di sebelah barat De Tjolomadoe tak banyak yang mengetahui kalau sudah berubah fungsinya.

Tempat tinggal Gusti Mangku ke-IV tersebut kini disulap menjadi resto dan galeri seni bertaraf internasional. Di ruang gallery yang cukup luas banyak lukisan surialis dipajang, termasuk lukisan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dari berbagai pose.

Sembari melihat sekitar 55 lukisan, masyarakat dapat menikmati segala macam menu masakan yang disajikan di Resto Royal Besaran. Di bulan Suci Ramadan, Resto Royal Besaran melaunching menu unggulan untuk berbuka puasa yakni Paket Ladosan Ramadan 1442.

Paket Ladosan diantaranya menu Ayam Bumbu Rujak dan Ikan Acar Kuning.
Manajer Royal Besaran Heritage  Gallery and Resto (RBHGR), Pembayun Galih Ratri menjelaskan, Ayam bumbu rujak adalah sebuah makanan khas Jawa yang terbuat dari daging ayam yang masih segar dan dibumbui bumbu merah .

“Sedang Ikan Acar Kuning adalah sajian menu makanan terdiri dari ikan dori bumbu nusantara, yang digoreng, disajikan bersama acar kuning,” jelas Pembayun saat berbincang santai, Kamis (1/4) petang.

Paket ladosan lain untuk buka puasa ada takjil, kurma dan aneka gorengan. “Semua menu utama disajikan sesuai protokol kesehatan,” urainya.

Satu orang mendapat jatah satu porsi terdiri dari nasi putih, ayam bumbu rujak, ikan acar kuning, tumis buncis wortel, kerupuk, acar dan sambal. Adapun hidangan penutup terdiri fruit choctail dan infused mineral water, teh, kopi serta dawet ayu.

Ditambahkan Pembayun, menu lainnya di Royal Besaran adalah galantin ayam yakni ayam di roll giling serta Puding. Selain itu lidah pengunjung dimanjakan dengan jenis menu sambal goreng telur dan Tumis daun pepaya serta sup jagung dan capcai sayur serta telur bumbu bali.

Salah satu menu yang menjadi masakan favorit customer yakni Menu Nasi Jemblung. Nasi jemblung merupakan nasi putih di dalamnya ada lidah sapi saos bestik.

Penyajiaannya dengan beralaskan daun pisang, nasi yang dibentuk cincin, lidah sapi kemudian diletakan di tengah cincin tersebut.

Di Royal Besaran, calon pembeli kuliner juga bisa pesan menggunakan direct massage (DM)
akun Instagram @royal_besaran atau nomor whatsap 08112871779.

Pengunjung Royal Besaran Heritage  Gallery and Resto tidak hanya disuguhi makanan lezat bergizi, namun juga bisa menunggu berbuka puasa (ngabuburit) dengan nglaras, bisa ber swa foto dibangunan bergaya kolonial Belanda yang indah dan mengagumkan.

Manajer RBHGR mengemukakan lebih dalam bahwa Royal Besaran adalah rumah bagi seni keindahan yang hidup lestari dengan nuansa kedamaian. Secara konsisten menyajikan paduan nilai sejarah dan lukisan.

“Di Royal Besaran juga digelar pameran lukisan, kini temanya seni lukis realis, ada puluhan lukisan bergambar wajah Presiden Jokowi berbagai ekspresi. Kalau pengunjung tertarik untuk membeli mengkoleksi lukisan pak Jokowi tentu dipersilakan,” terang Pembayun. (Sri Hartanto)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan