Dua Sekolah di Wonogiri Urung Pembelajaran Tatap Muka

0
sekolah-wonogiri
TATAP MUKA : Para siswa mengikuti uji coba coba pembelajaran tatap muka (PTM) di SMA 1 Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Senin (5/4/2021). (suara/Khalid Yogi)

WONOGIRI- Dua sekolah di Kabupaten Wonogiri urung menggelar uji coba pembelajaran tatap muka (PTM). Kedua sekolah itu adalah SMA 1 Wonogiri dan SD 2 Baturetno.

SMA 1 Wonogiri menunda uji coba PTM karena ada satu siswa yang terkonfirmasi positif penyakit virus corona (Covid-19). Adapun SD 2 Baturetno juga menunda karena ada seorang guru yang dinyatakan reaktif usai menjalani tes cepat antigen.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Wonogiri Sriyanto mengatakan, hasil tes cepat antigen di SD 2 Baturetno itu diperoleh empat hari sebelum uji coba PTM digelar. “Dengan adanya temuan itu, uji coba di SD 2 Baturetno ditunda dulu,” katanya, Selasa (6/4).

Dengan demikian, uji coba PTM untuk jenjang pendidikan dasar di Wonogiri hanya dilaksanakan empat SD dan lima SMP. Yaitu SD 1 Wonogiri, SD 1 Wuryantoro, SD 1 Jatisrono, SD 2 Purwantoro, SMP 1 Wonogiri, SMP 1 Eromoko, SMP 1 Baturetno, SMP 1 Jatiroto, dan SMP 1 Purwantoro.

Adapun pelaksanaan uji coba PTM hari pertama menurutnya sudah berjalan dengan baik. Sekolah-sekolah menerapkan dua shift, yakni pukul 07.00-09.00 dan 10.00-12.00. Ada pula yang melaksanakan shift ke dua pukul 11.00-13.00.

Menurutnya, ada beberapa catatan yang harus diperbaiki. Antara lain mengatur kedatangan siswa saat jeda atau pergantian shift. “Anak-anak yang ikut shift ke dua mungkin karena semangatnya, datang lebih awal. Sehingga anak-anak shift pertama baru ke luar kelas, anak-anak shift ke dua sudah datang. Itu dikhawatirkan memunculkan kerumunan,” terangnya.

Sementara itu, kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Jawa Tengah Suratno mengatakan, uji coba PTM di SMA 1 Wonogiri ditunda karena ada satu siswa yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sekolah tersebut sempat menggelar PTM satu hari, Senin (5/4). “Sesuai Standar Operasi dan Prosedur (SOP), kalau ada yang positif, (uji coba PTM) memang harus dihentikan. Ditunda sampai kapan, kami belum bisa memberi kepastian,” terangnya.

Meski demikian, SMA 1 Wonogiri tetap melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau online. Adapun uji coba PTM pada jenjang SLTA di Kabupaten Wonogiri hanya dilaksanakan pada SMK 1 Wonogiri dan MAN Wonogiri. (Khalid Yogi)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan