Dikmapa PK TNI Napak Tilas Jenderal Soedirman

0
napak-tilas-jenderal-soedirman
NAPAK TILAS : Para siswa Dikmapa PK TNI mengikuti napak tilas rute gerilya Panglima Besar Jenderal Soedirman di Pencil, Kelurahan Wuryorejo, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Kamis (8/4/2021). (suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)

WONOGIR,suaramerdekasolo.com – Sebanyak 245 siswa Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier (Dikmapa PK) TNI mengikuti napak tilas rute gerilya Panglima Besar Jenderal Soedirman di Kabupaten Wonogiri, Kamis (8/4/2021). Mereka sebelumnya telah menempuh jarak sekitar 44 kilometer dari Yogyakarta dengan berjalan kaki.

Komandan Sekolah PA PK TNI Kolonel Kav Janto I Tehupuring mengatakan, kegiatan dimulai dari Yogyakarta dengan melaksanakan ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Negara Yogyakarta, beberapa hari lalu.

“Kemudian melaksanakan kunjungan ke Museum Sasmitaloka yang juga kediaman Panglima Besar Jenderal Soedirman,” katanya usai menggelar penyerahan tandu duplikat latihan rute Panglima Besar Soedirman siswa Dikmapa PK TNI di lapangan Pencil, Kelurahan Wuryorejo, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Kamis (8/4).

Mereka selanjutnya menyusuri rute gerilya Jenderal Soedirman ketika berjuang mempertahankan kemerdekaan RI. Mereka melewati wilayah Kabupaten Gunung Kidul (DIY) dan finish di lapangan Pencil, Wonogiri. Jarak perjalanan tersebut sekitar 44 kilometer dan ditempuh dalam waktu dua hari.

Selain itu, pihaknya juga menggelar karya bakti pengabdian masyarakat dengan penyuluhan kesehatan gigi kepada anak-anak sekitar Lingkungan Pencil. “Sebelum menutup kegiatan, kami ada penyuluhan kesehatan gigi pada anak-anak. Ada 12 siswa kami dari Sarjana Dokter Gigi,” terangnya.

Kegiatan di lapangan Pencil Wonogiri itu dihadiri Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf Imron Masyhadi, Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, dan Asisten Sekda Wonogiri Teguh Setiyono.

Kolonel Janto menerangkan, Dikmapa adalah sekolah pendidikan perwira dari lulusan S1 dan profesi. Kegiatan tersebut bertujuan menanamkan nilai-nilai patriotisme dan perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman ketika bergerilya dan mengabdi kepada bangsa dan negara. (Khalid Yogi)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan