Polhas Gandeng PT Sritex Buat Program Kerja Sambil Kuliah

0
KERJA SAMBIL KULIAH- Ketua Yayasan PHBS, Drs Joko Sutrisno saat memberi sambutan dalam program Kerja Sambil Kuliah bersama PT Sritex, BKK dan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta, Senin (12/4). (suaramerdekasolo.com/dokumentasi)

SOLO, suaramerdekasolo.com– Dalam meningkatkan kemampuan kerja sambil kuliah, Politeknik Harapan Bangsa Surakarta (Polhas) menggandeng perusahaan tekstil, PT Sritex.

Polhas merupakan penggabungan dari Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Harapan Bangsa Surakarta dan Akademi Bahasa Asing (ABA) berdasar SK Kemendikbud RI nomor 032/D/T/2021 tanggal 1 Maret 2021, namun masih bernaung di Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Surakarta (PHBS).

Ketua Yayasan PHBS, Drs Joko Sutrisno didampingi Direktur Polhas Dr Eka Budhi Santosa ST, M.Pd mengatakan bahwa Politeknik Harapan Bangsa siap untuk bekerjasama dengan semua pihak.

“Suatu kemajuan yang luar biasa bahwa kali ini Polhas bekerja sama dengan PT Sritex dalam  rangka mendukung program Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim yakni kuliah sambil bekerja. Selain itu, kami juga membantu para siswa kurang mampu agar tetap bisa menempuh pendidikan tinggi,” tegas Joko Sutrisno kepada media, Senin (12/4/2021)

Ketua Yayasan PHBS tersebut menambahkan, Polhas mempunyai tiga program studi yaitu Manajemen Informatika, Bahasa Inggris Bisnis dan Manajemen Informasi Kesehatan yang merupakan program studi baru. Diharapkan program studi baru yang  masih belum banyak dimiliki perguruan tinggi lain itu mampu menciptakan peluang yang sangat besar bagi lulusan Polhas di dunia kerja.

Nah untuk pelaksanaan program kerja sambil kuliah, Polhas selain menggandeng PT Sritex juga bekerjasama dengan Forum Bursa Kerja Khusus (BKK) di Kota Surakarta, Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta.

Langkah ini ditempuh, lanjut Joko Sutrisno, karena lembaga pendidikan, dinas terkait dan perusahaan Sritex mempunyai kesamaan dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di bidang ketenagakerjaan maupun mempunyai visi yang sama dalam rangka mengurangi tingkat pengangguran di Kota Surakarta.

“Bentuk kegiatan program Kerja Sambil Kuliah diantaranya penempatan tenaga kerja melalui ikatan kerja sambil kuliah di PT Sritex dan di Politeknik Harapan Bangsa Surakarta,” urai Joko Sutrisno.

Program Kerja Sambil Kuliah yang sudah mulai dilaksanakan ini, menurut Direktur Polhas, Dr Eka Budhi Santosa ST, MPd sekaligus untuk melaunching Perguruan Tinggi (PT) Vokasi di Kota Solo, bernama Politeknik Harapan Bangsa Surakarta.

Untuk merealisasi program Kerja Sambil Kuliah itu, lanjut Eka Budhi Santosa, kini tengah dilakukan tahapan seleksi terhadap 489 calon tenaga kerja PT Sritex sekaligus sebagai mahasiswa Politeknik Harapan Bangsa Surakarta. (Sri Hartanto)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan