Para Tokoh Senior AAI Rapatkan Barisan di Solo

0
DPP-AAI
DEKLARASI- Para pengurus DPC AAI Jateng-DIY mendeklarasikan dukungan kepada Palmer Situmorang agar menjadi Ketum DPP AAI dalam rapat konsolidasi di Alila Hotel, Jumat (23/4/2021) malam. (suaramerdekasolo.com/Sri Hartanto)

*Dukung Palmer Situmorang Sebagai Ketum DPD AAI

SOLO, suaramerdekasolo.com – Pemilihan Ketua Umum (Ketum) DPP Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) dalam Munas yang bakal digelar Juni 2021 mulai ada gaungnya.

Seratusan tokoh advokat senior AAI melakukan konsolidasi di Solo, Jumat (23/4/2021) malam, untuk merapatkan barisan mendukung Palmer Situmorang sebagai Calon Ketua Umum (Caketum) DPP AAI periode 2021-2026.

Dukungan kepada Palmer Situmorang berasal dari sejumlah pengurus DPC AAI di wilayah Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Setelah kami melakukan konsolidasi, dukungan kami sangat jelas, bahwa Korwil Jawa Tengah mendukung Bapak Palmer Situmorang untuk menjadi Ketum DPP AAI periode 2021-2026, dalam pelaksanaan Munas di Bandung pada Juni 2021,” tegas Korwil Jateng-DIY, Johanes Raharjo usai penandatanganan dukungan ke Palmer Situmorang di Alila Hotel Solo, Jumat (23/4/2021) malam.

Dikemukakan Johanes Raharjo yang akrab disapa Pak Jo, dukungan yang diberikan kepada pengacara senior Palmer Situmorang itu tidak semata datang begitu saja. Namun, banyak anggota AAI menginginkan perubahan di tubuh organisasi. Selama ini AAI dinilainya mati suri, tidak ada regenerasi kader dan permasalahan lain yang muncul.

“Kami ingin, AAI lebih berwibawa dan bermartabat. Selama ini, AAI mati suri hingga banyak instansi yang tidak tahu keberadaannya,” tandas Korwil AAI Jateng-DIY itu.

Menurutnya, Palmer Situmorang yang pernah mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) semasa masih menjadi Presiden RI, sosok yang cocok untuk memimpin AAI. Selain telah lama berkecimpung di dunia advokat sosoknya juga dikenal secara luas. Disisi lain, sosok Palmer juga dinilai memiliki nyali yang besar untuk melindungi anggota AAI di seluruh Indonesia.

“Kami sangat yakin, di tangan Palmer Situmorang, AAI yang melahirkan organisasi advokat seperti Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) mampu bangkit dan memiliki martabat dan kewibawaan yang besar,” katanya.

Sejumlah Ketua maupun pengurus DPC AAI di daerah juga bertekad mendukung Palmer Situmorang menjadi Ketum dalam Munas di Bandung.

Advokat Solo yang tetap bergabung di AAI, Arif Sahudi SH MH mengemukakan, AAI bukan organisasi baru di dunia advokat. Bahkan, lebih lama dibandingkan dengan organisasi advokat lainnya. Namun, lima tahun terakhir seakan-akan mati suri. Bahkan, anggota di daerah tidak mengetahui siapa pengurus pusat.

“Contohnya saya sendiri, saya tidak tahu siapa yang ada di pusat itu. Seharusnya, mereka turun ke bawah supaya lebih dikenal anggotanya. Namun, itu tidak dilakukan sehingga kedekatan antara kami yang di daerah dengan pengurus pusat kurang harmonis,” terang pengacara Solo yang juga tokoh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut.

Dalam komitmennya, dia bersama empat puluhan lebih anggota AAI yang ada di Solo Raya akan datang ke Munas untuk memberikan dukungan kepada Palmer Situmorang agar ada perubahan yang lebih baik untuk AAI di masa mendatang.

“Adapun sistem pemilihan pengurus AAI menggunakan metode one man one vote, jadi semua anggota mempunyai hak pilih,” terangnya.

Sebelum deklarasi dan konsolidasi di Solo untuk mendukung Palmer Situmorang sebagai Caketum DPP AAI, Ketua Pemenangan atau Manager Campaign, Darwin Aritonang SH MH memaparkan kondisi AAI yang saat sekarang ini mati suri, termasuk banyaknya pengurus di sejumlah daerah sudah tidak aktif menjalankan roda organisasi.

Adapun untuk meraih kemenangan dalam pemilihan pengurus AAI yang baru, Darwin Aritonang menegaskan telah menggalang konsolidasi dengan para pengurus AAI di sejumlah provinsi.

“Selain di Solo, kami juga telah melaksanakan konsolidasi dengan pengurus lain di luar wilayah Jateng dan DIY untuk bertekad bulat mendukung tiga calon pengurus baru yang kita yakini dapat melakukan perubahan ditubuh AAI,” tegas Darwin dalam pernyataannya.

Tiga calon yang dimaksud Darwin, selain Palmer Situmorang diperjuangkan agar menjadi Ketum DPP AAI, juga Dr Efran Helmi Juni yang akan dicalonkan sebagai Wakil Ketua DPP KAI dan Dr Hendri Donal yang akan dicalonkan sebagai Sekjen DPP AAI dalam Munas yang akan digelar di Bandung, pada 25-27 Juni 2021. (Sri Hartanto)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan