Akuntabilitas Kinerja Pemkab Wonogiri Sangat Baik

0
Bupati-Wonogiri-joko-jekek-sutopo
MEMBERI ARAHAN : Bupati Wonogiri Joko 'Jekek' Sutopo memberi arahan saat memimpin sebuah acara di pendapa Kabupaten Wonogiri, baru-baru ini. (suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Pemkab Wonogiri berhasil meraih predikat sangat baik untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) tahun 2020. Pemkab juga berhasil menyabet nilai B untuk pelaksanaan Reformasi Birokrasi.

Penghargaan itu diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo secara virtual dari Jakarta, Kamis (22/4).

Bupati Wonogiri Joko ‘Jekek’ Sutopo mengungkapkan, akuntabilitas kinerja Pemkab Wonogiri tahun 2020 mendapatkan nilai 73,82 atau kategori BB dengan interprestasi sangat baik. Adapun Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Pemkab Wonogiri juga mendapatkan nilai 64,75 atau kategori B.

Menurut Bupati, Sakip merupakan instrumen yang dijadikan panduan pemerintah dalam memanajemen tata pemerintahan. Melalui penghargaan itu, arah kebijakan pemerintah dinilai, sehingga mampu memberi yang terbaik untuk masyarakat.

Pencapaian Wonogiri dalam Sakip tersebut menunjukkan trend yang positif. Pemkab Wonogiri telah tiga kali meraih predikat BB atau sangat baik dalam Sakip.

“Tahun ini ada peningkatan walaupun tipis. Meskipun di era pandemi (Covid-19) tetap bisa menjaga stabilitas komintmen akan kerja dan kinerja pemerintahan,” katanya, Jumat (23/4/2021).

logo-pemkab-wonogiri

Dia menekankan, kinerja Pemkab dari tahun ke tahun harus lebih baik. “Trend itu dapat kami penuhi walaupun belum mendapatkan predikat atau kualifikasi A. Itu tantangan ke depan karena masa pandemi ini  segala sesuatunya sangat tidak terprediksi. Butuh komitmen semua pihak, utamanya ASN yang dipimpin Pak Sekda. semua sudah bisa mengakselerasikan itu dengan baik,” ujarnya.

Plt Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PAN-RB Agus Uji Hantara mengatakan, melalui evaluasi akuntabilitas kinerja setiap tahun, Kementerian PAN-RB menyusun profil instansi pemerintah berdasarkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran. “Semakin tinggi nilai akuntabilitas kinerja, semakin tinggi pula efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran pada suatu instansi pemerintah,” jelasnya.

Kementerian PANRB juga melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan reformasi birokrasi. Evaluasi dilakukan dengan melihat perbaikan tata kelola baik dari segi pengungkit maupun hasil.

Melalui evaluasi tersebut, pihaknya menyusun profil instansi pemerintah berdasarkan tingkat perbaikan tata kelola instansi pemerintah melalui pelaksanaan reformasi birokrasi. Semakin tinggi indeks reformasi birokrasi, semakin baik tata kelola instansi pemerintah sehingga dapat bermanfaat bagi stakeholder dan berkontribusi pada pembangunan nasional. (Khalid Yogi)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan