Kuliner Kepulauan Seribu Rasa: Lima Hidangan Khas Ambon yang Menggoda Selera

SUARAMERDEKASOLO – Kota Ambon, yang terletak di kepulauan Maluku, Indonesia, tidak hanya terkenal dengan sejarah dan pantainya yang indah tetapi juga dengan kekayaan kulinernya. Dapur Ambon adalah cerminan dari keanekaragaman budaya dan sumber daya alamnya, terutama hasil lautnya yang melimpah. Berikut ini adalah lima makanan khas Ambon yang menawarkan kombinasi rasa yang unik dan menarik bagi setiap penikmat kuliner.

1. Papeda

  • Deskripsi:
    Papeda adalah makanan khas Maluku dan Papua, terbuat dari sagu yang dimasak hingga menjadi bubur kental dan biasanya disajikan dengan ikan kuah kuning.
  • Keistimewaan:
    Tekstur lengket dan unik dari papeda, ditambah dengan rasa asam dan pedas dari ikan kuah kuning, menciptakan kombinasi yang sempurna dan sangat populer di Ambon.

2. Colo-colo

  • Deskripsi:
    Colo-colo adalah sambal segar khas Ambon yang terbuat dari tomat, cabai, bawang merah, dan diberi perasan air jeruk nipis atau cuka.
  • Keistimewaan:
    Sambal colo-colo sering dijadikan pendamping untuk ikan bakar atau daging, dan keunikan rasanya yang pedas dan asam memberikan sensasi segar pada setiap hidangan.

3. Ikan Asar

  • Deskripsi:
    Ikan Asar adalah ikan yang diasinkan dan kemudian diasap, memberikan aroma dan rasa yang khas. Ikan yang sering digunakan adalah cakalang atau tuna.
  • Keistimewaan:
    Ikan Asar bisa disimpan dalam waktu yang lama dan sering disantap dengan nasi hangat atau papeda, menjadikannya makanan pokok yang lezat dan praktis.

4. Kue Rangi

  • Deskripsi:
    Kue Rangi adalah kue tradisional yang terbuat dari campuran tepung sagu dan kelapa parut, yang kemudian dibakar dalam cetakan khusus berbentuk cincin.
  • Keistimewaan:
    Kue Rangi memiliki aroma yang harum dari kelapa bakar dan tekstur yang garing di luar tetapi lembut di dalam, menjadikannya camilan yang sangat digemari.

5. Woku Belanga

  • Deskripsi:
    Woku Belanga adalah hidangan ikan atau ayam yang dimasak dalam bumbu woku, yang merupakan campuran dari berbagai rempah-rempah seperti serai, jahe, kemangi, dan daun jeruk.
  • Keistimewaan:
    Hidangan ini memiliki rasa yang kuat dan sedikit pedas, dengan aroma herbal yang sangat khas, menjadikan Woku Belanga favorit di kalangan masyarakat lokal dan pengunjung.

Penutup:
Ambon, sebagai hati dari Maluku, menawarkan kuliner yang kaya dan beragam. Dari Papeda yang unik hingga Kue Rangi yang manis, makanan khas Ambon ini merupakan bukti dari kekayaan budaya dan keindahan alam yang dikandungnya. Masing-masing hidangan menggabungkan bahan-bahan lokal dengan cara memasak yang telah turun-temurun, menciptakan cita rasa otentik yang memanjakan lidah dan menghangatkan jiwa. Jika Anda berada di Ambon, peluang untuk mengeksplorasi dan menikmati kuliner ini tidak boleh dilewatkan, karena makanan merupakan salah satu cara terbaik untuk memahami dan mengapresiasi kebudayaan setempat.