Kuliner Bahama: Cita Rasa Kepulauan di Nassau

SUARAMERDEKASOLO – Ketika berbicara tentang kuliner di Bahama, khususnya di ibu kota Nassau, kita berbicara tentang sebuah perpaduan rasa yang menggugah selera. Makanan di Bahama mencerminkan warisan budaya pulau tersebut yang dipengaruhi oleh tradisi Afrika, Inggris, dan Karibia. Berikut ini adalah beberapa makanan favorit yang menjadi ciri khas Bahama, yang tidak hanya populer di kalangan penduduk lokal tetapi juga telah memikat hati para pelancong dari seluruh dunia.

Conch (Kerang Ratu)
Conch adalah salah satu bintang kuliner di Bahama. Kerang besar ini, yang ditemukan dalam perairan hangat Nassau, diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Salah satu cara paling populer untuk menikmatinya adalah dalam bentuk salad conch, di mana daging kerang yang segar diiris tipis dan dicampur dengan bawang, paprika, tomat, dan jus jeruk nipis. Hidangan ini menyajikan rasa segar dari laut yang kaya akan rempah. Conch fritters, bola-bola goreng yang gurih, juga sangat populer sebagai camilan atau pembuka.

Rock Lobsters
Rock lobsters atau lobster Karibia adalah makanan laut lain yang sering muncul di menu-menu restoran Nassau. Biasanya disajikan sebagai steak lobster yang dibakar atau direbus, disertai dengan mentega cair dan bumbu-bumbu sederhana untuk mempertahankan rasa asli dari dagingnya yang manis dan lembut.

Peas ‘n Rice
Peas ‘n Rice adalah hidangan sampingan klasik di Bahama. Kombinasi dari nasi, kacang polong, dan potongan daging asap atau bacon, dimasak bersama dengan tomat dan bawang, menghasilkan rasa yang kaya dan tekstur yang menggoda. Hidangan ini sering dihidangkan bersama dengan hidangan laut atau daging.

Bahamian Stew Fish
Ini adalah contoh lain dari makanan tradisional Bahama. Ikan segar, biasanya grouper atau snapper, dimasak dengan cara stew, menggunakan tomat, bawang, paprika, dan berbagai bumbu, menciptakan kuah yang tebal dan penuh rasa.

Guava Duff
Untuk pencuci mulut, guava duff adalah pilihan yang disukai banyak orang di Bahama. Pencuci mulut ini terbuat dari adonan yang diisi dengan selai guava kemudian dikukus atau direbus, lalu dihidangkan dengan saus mentega yang manis. Rasanya yang unik dan teksturnya yang lembut menjadikan duff sebagai penutup makan yang sempurna.

Rum Cake
Bahama juga terkenal dengan rum cake-nya, yang merupakan kue basah yang dibuat dengan rum lokal. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang intens, menjadikannya favorit di kalangan penduduk lokal dan wisatawan.

Makanan di Nassau, Bahama, adalah cerminan dari sejarah dan budaya kepulauan ini. Dari makanan laut segar hingga hidangan berbasis daging yang mengenyangkan, dan dari makanan ringan hingga pencuci mulut yang manis, setiap hidangan menawarkan pengalaman rasa yang khas dan tak terlupakan. Bagi pecinta kuliner yang mengunjungi Nassau, mengeksplorasi kekayaan rasa ini adalah sebuah petualangan yang menyenangkan dan memuaskan.