WASP-193b: Planet Mirip Gulali yang Menakjubkan

suaramerdekasolo.com – Penemuan planet unik WASP-193b, sering disamakan dengan gulali, telah menarik perhatian para peneliti. Terletak sekitar 1.200 tahun cahaya dari Bumi, planet ini memiliki ukuran yang luar biasa besar, mencapai setengah dari Jupiter, menjadikannya salah satu planet ringan terbesar yang pernah ditemukan, setelah Kepler 51-d yang 100 kali lebih ringan dari Jupiter.

Khalid Barkaoui dari Massachusetts Institute of Technology, penulis utama studi tersebut, menjelaskan bahwa WASP-193b, dengan karakteristik gas ringan, mirip dengan gulali atau permen kapas. Meskipun memiliki massa hanya 14% dari massa Jupiter, menentukan massa planet ini memerlukan waktu yang cukup lama karena teknik biasa seperti kecepatan radial tidak efektif akibat ringannya planet ini yang tidak menimbulkan tarikan pada bintangnya.

Proses pengumpulan data dan perhitungan massa WASP-193b berlangsung selama empat tahun. Kepadatan planet yang sangat rendah bahkan sempat membuat para peneliti meragukan hasil awal. Francisco Pozuelos dari Institute of Astrophysics of Andalucia Spanyol juga menyatakan keraguan awal mereka terhadap kepadatan yang rendah tersebut.

Tantangan berikutnya adalah menjelaskan bagaimana planet WASP-193b terbentuk, karena model evolusi raksasa gas yang ada belum sepenuhnya dapat menjelaskan fenomena tersebut. Sebagai planet yang unik, WASP-193b menjadi subjek penelitian menarik yang dapat memperkaya pemahaman kita tentang keragaman planet di luar tata surya.