Ragam Kuliner Tradisional di Juba, Sudan Selatan

SUARAMERDEKASOLO – Sudan Selatan, negara termuda di dunia, terletak di bagian timur Afrika. Meskipun negara ini baru merdeka pada tahun 2011, tradisi kuliner Sudan Selatan telah lama ada dan terus berkembang, khususnya di ibu kotanya, Juba. Masakan Sudan Selatan sering kali sederhana namun kaya rasa, mencerminkan budaya dan keanekaragaman etnik di negara ini. Berikut ini beberapa hidangan terkenal yang bisa Anda temui di Juba.

  1. Kisra
    Kisra adalah roti tipis yang mirip dengan crepe dan merupakan makanan pokok di Sudan Selatan. Terbuat dari tepung sorgum atau jagung, kisra dimakan bersama dengan lauk seperti kari daging atau sayur. Teksturnya yang lembut dan sedikit asam membuatnya cocok untuk menyerap kuah hidangan yang disajikan bersamanya.
  2. Asida
    Asida adalah hidangan yang terbuat dari tepung jagung atau gandum dan merupakan makanan pokok lainnya di Sudan Selatan. Asida disajikan dalam bentuk bola besar dan biasanya disantap dengan tangan, dicelupkan ke dalam saus daging atau sayuran yang kaya bumbu.
  3. Ful Medames
    Meskipun berasal dari Mesir, Ful Medames juga sangat populer di Sudan Selatan. Hidangan ini terbuat dari kacang fava yang direbus lalu ditumbuk, dan biasanya disajikan dengan minyak zaitun, bawang cincang, bawang putih, dan jus lemon. Ful Medames seringkali disantap sebagai sarapan.
  4. Molokhia
    Molokhia adalah sup hijau yang dibuat dari daun jute yang diiris halus dan dimasak dengan kaldu daging atau ayam. Sup ini kaya akan tekstur dan rasa, sering disajikan dengan roti atau nasi dan merupakan salah satu hidangan sehat yang populer di Juba.
  5. Agashe
    Agashe adalah ikan yang dibumbui dengan campuran rempah-rempah lokal lalu dibakar atau digrill. Ikan yang digunakan biasanya adalah ikan yang berasal dari Sungai Nil. Agashe menawarkan rasa yang lezat dan merupakan contoh makanan jalanan yang disukai banyak orang.
  6. Bamia
    Bamia adalah masakan berkuah yang terbuat dari okra dan daging sapi atau daging kambing. Okra memberikan tekstur yang khas dan sedikit lengket pada kuah, dengan rasa yang kaya dari rempah-rempah yang digunakan.
  7. Shaiyah
    Shaiyah adalah potongan daging kambing atau daging sapi yang dipanggang di atas api terbuka. Dagingnya yang empuk dan beraroma asap biasanya disajikan dengan bumbu dan sayuran segar atau dengan roti kisra.
  8. Wal Wal
    Wal Wal adalah nasi yang dimasak dengan daging sapi atau kambing dan rempah-rempah. Menyerupai pilaf, Wal Wal biasanya dimakan dengan saus atau sup yang kaya rasa.

Kesimpulan:
Kuliner di Juba, Sudan Selatan, mencerminkan tradisi dan budaya yang kaya dari penduduknya. Dari makanan pokok seperti kisra dan asida hingga hidangan berkuah seperti molokhia dan bamia, masakan ini menawarkan wawasan tentang kehidupan sehari-hari di Sudan Selatan. Apabila Anda berkunjung ke Juba, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi beragam hidangan yang tidak hanya mengenyangkan tapi juga memperkaya pengalaman budaya Anda.