Kelezatan Kuliner dari Benua Kanguru: Makanan Favorit di Australia

SUARAMERDEKASOLO – Australia, sebuah negara yang kaya akan kebudayaan yang beragam, menawarkan persilangan unik antara cita rasa tradisional aborigin dan pengaruh kuliner dari pendatang, menciptakan tapestri kuliner yang kaya dan beragam. Berikut ini adalah beberapa makanan favorit yang telah menjadi bagian penting dari budaya kuliner Australia, khususnya di ibu kota Canberra.

1. Meat Pie
Pie daging adalah ikon kuliner Australia. Sederhana tapi menggugah selera, pie ini terdiri dari daging cincang atau potongan daging sapi yang dimasak dengan saus gravy dan dibungkus dengan lapisan pastry yang renyah. Pie ini sering dinikmati sebagai makan siang atau makanan cepat saji di acara olahraga.

2. Vegemite
Vegemite adalah olesan yang terbuat dari ekstrak ragi yang kaya akan vitamin B. Dengan rasa yang kuat dan sedikit asin, Vegemite biasanya dioleskan tipis-tipis di atas roti panggang dan disajikan dengan mentega. Ini adalah bagian dari sarapan khas Australia dan seringkali juga disertai dengan alpukat atau tomat.

3. Barramundi
Barramundi adalah ikan air tawar yang sangat populer di Australia. Dikenal dengan dagingnya yang lembut dan rasa yang ringan, barramundi bisa disajikan dalam berbagai cara, seperti digrill, digoreng, atau dipanggang. Ikan ini juga sering disajikan dalam hidangan fine dining dengan saus yang lezat atau hanya dengan irisan lemon untuk menambah kesegaran.

4. Lamington
Lamington adalah kue spons yang dipotong dadu, dilapisi dengan cokelat, dan ditaburi kelapa kering. Biasanya disajikan saat teatime atau di acara-acara khusus, lamington telah menjadi salah satu makanan penutup favorit di Australia.

5. Pavlova
Pavlova, meskipun asal-usulnya sering diperdebatkan antara Australia dan Selandia Baru, adalah makanan penutup yang sangat disukai di Australia. Pavlova memiliki dasar meringue yang renyah dan chewy, ditutupi dengan krim kocok dan segarnya buah-buahan segar seperti kiwi, stroberi, dan passionfruit.

6. Kangaroo Meat
Daging kanguru adalah salah satu makanan yang unik untuk Australia. Kaya akan protein dan rendah lemak, daging kanguru bisa disiapkan dengan berbagai cara, seperti digrill, dibakar, atau dijadikan saus pasta. Ini adalah contoh bagaimana Australia menggabungkan elemen budaya aborigin dengan gaya masak modern.

7. Australian Barbecue
Barbecue adalah kegiatan sosial yang penting di Australia, terutama selama musim panas. Daging sapi, domba, dan sosis disajikan dengan saus barbecue yang khas dan berbagai salad atau hidangan sampingan seperti ‘damper’ (roti busa yang dipanggang di atas bara api).

8. Damper
Damper adalah roti tradisional Australia yang dibuat dengan tepung terigu, air, dan garam. Ini adalah resep yang berasal dari para penggembala dan penjelajah terdahulu yang membutuhkan makanan yang mudah dibuat dan mengenyangkan.

9. Tim Tam
Tim Tam adalah biskuit cokelat yang populer di Australia. Terdiri dari dua lapis biskuit cokelat dengan isian krim cokelat di tengah, dan dilapisi dengan cokelat leleh. Tim Tam Slam, cara unik menikmati Tim Tam dengan cara menghisap minuman panas melaluinya, adalah ritual yang dicintai banyak orang Australia.

10. Anzac Biscuits
Anzac biscuits adalah biskuit yang tradisional dibuat untuk menghormati pasukan Australia dan Selandia Baru (ANZACs). Biskuit ini terbuat dari oats, sirup emas, dan kelapa, dan dikenal karena teksturnya yang renyah dan masa simpan yang lama.

Makanan-makanan ini mencerminkan keragaman dan kekayaan budaya Australia, membawa cerita sejarah dan sentuhan inovasi dalam setiap hidangan. Di Canberra, pengalaman kuliner ini bisa dinikmati mulai dari restoran kelas atas hingga truk makanan di jalan, menciptakan mosaik rasa yang mewakili esensi dari Australia modern.