Kelezatan Kuliner Praha: Menyelami Makanan Favorit di Jantung Republik Cek

SUARAMERDEKASOLO – Praha, ibu kota Republik Ceko, tidak hanya dikenal karena arsitektur dan sejarahnya yang kaya, tetapi juga karena kekayaan kuliner yang melimpah. Dari hidangan tradisional yang menghangatkan jiwa hingga pencuci mulut yang manis, Praha menawarkan pengalaman kuliner yang memuaskan bagi para pencinta makanan. Artikel ini akan membahas beberapa makanan favorit yang harus dicoba ketika mengunjungi kota yang menawan ini.

  1. Guláš Český (Goulash Ceko)
    Goulash adalah salah satu hidangan yang paling mencerminkan tradisi kuliner Ceko. Mirip dengan versi Hungaria, guláš Český terbuat dari potongan daging sapi yang dimasak perlahan dengan bawang, paprika, dan rempah-rempah lainnya. Hidangan ini biasanya disajikan dengan knedlíky, dumpling tepung yang diuapkan, yang sempurna untuk menyerap saus kental yang kaya rasa.
  2. Svíčková na smetaně
    Svíčková na smetaně adalah hidangan klasik yang tidak bisa dilewatkan. Terbuat dari sirloin sapi yang dimasak dengan sayuran, dihidangkan dalam saus krim yang gurih dan manis dengan sedikit asam dari jus lemon atau cuka. Seringkali, hidangan ini juga dihiasi dengan cranberry dan krim kocok, memberikan kontras rasa yang unik dan nikmat.
  3. Smazeny Syr
    Bagi penggemar keju, smazeny syr adalah pilihan yang harus dicoba. Keju Edam lokal yang tebal dipotong menjadi potongan besar, dilapisi tepung roti, dan digoreng sampai kecokelatan dan renyah. Keju yang leleh di dalam kerak yang renyah disajikan dengan kentang goreng dan saus tartar, membuatnya menjadi camilan atau makanan ringan yang sangat memuaskan.
  4. Pivo (Bir)
    Meskipun bukan makanan, bir adalah bagian integral dari pengalaman makan di Praha. Republik Ceko dikenal dengan tradisi pembuatan birnya yang panjang, dan Praha adalah tempat yang sempurna untuk mencicipi berbagai jenis bir, dari pilsner yang ringan hingga lager yang gelap. Menikmati bir lokal bersama dengan hidangan Ceko adalah cara yang tepat untuk merasakan kehidupan sehari-hari warga Praha.
  5. Trdelník
    Untuk pencuci mulut, jangan lewatkan trdelník, kue putar yang manis dan gurih. Adonan yang dilapisi gula dan kacang ini dipanggang secara perlahan di atas bara hingga berwarna cokelat keemasan. Hangat dan harum, trdelník sering dijual di kios-kios jalanan, menjadikannya camilan sempurna saat berjalan-jalan menikmati pemandangan kota.

Kesimpulan:
Kuliner Praha adalah perpaduan sempurna antara tradisi dan rasa. Dengan hidangan yang menghangatkan dan pencuci mulut yang manis, pengalaman makan di kota ini pasti akan memuaskan setiap selera. Baik Anda menikmati guláš yang kaya rasa atau trdelník yang manis di tepi sungai Vltava, makanan favorit Praha menawarkan jendela ke jiwa Republik Ceko yang hangat dan menyambut. Jadi, saat berada di Praha, pastikan untuk memanjakan diri dengan kelezatan kuliner yang tak terlupakan ini.